Sunday, August 18, 2013

Korea #2 : Membuat Anggaran & Rencana Perjalanan


Tiket Masuk ke N Tower, dll.
Tiga hal penting dalam liburan adalah : kesehatan, waktu, dan uang. Mungkin uang relatif, tapi mungkin juga mutlak. Uang akan menjadi relatif jika disponsori, dan akan menjadi mutlak jika tidak.

Seberapa besar uang yang dibutuhkan jika ingin bepergian, pasti tergantung liburan seperti apa yang diinginkan. Liburan saya ke negri ginseng kali ini saya anggarkan paling banyak 6 juta rupiah selama 7 hari 5 malam, diluar tiket pesawat, visa, dan pengeluaran sebelum keberangkatan.

Saya mulai dengan bertanya ke teman yang sudah pernah ke Korea, kemudian melakukan penelitian sederhana di internet dan baca buku tentang Korea. Pertama, saya cari tahu tempat mana yang ingin saya kunjungi, apa yang mau saya lakukan di sana, dan berapa lama. Kedua, tempat penginapan. Ketiga, hal-hal kecil seperti transportasi dari Bandara ke penginapan, tempat tujuan wisata, dll; makanan; baju; oleh-oleh. Keempat, anggaran. Sebenarnya anggaran bukan langkah terakhir. Anggaran harusnya dibuat sekaligus ketika menyusun rute perjalanan.

Tiket ke Pulau Nami & Struk Hotel
Nah, kali ini saya beruntung karena ada “Visit Korea Year 2012”. Pemerintah Korea membuatkan banyak program yang menarik untuk wisatawan asing dan informasi mudah diakses dari manapun, khususnya internet. Di Jakarta pun beberapa kali ada pameran wisata khusus Korea Selatan. Jadi saya dapat informasi yang lumayan banyak.  Berikut laman yang banyak saya jadikan acuan : http://english.visitkoreayear.com/english/main.asp, http://english.visitkorea.or.kr/enu/index.kto. Banyak kupon diskon disini!

Beberapa keuntungan ketika saya mengunjungi Korea bertepatan dengan Visit Korea Year :
1.      Shuttle Bus gratis ke Jeonju & Busan (PP) dengan sistem undian.
2.      Diskon Korea Train Express dan Paket Wisata ke Pulau Nami.
3.      Diskon berbagai macam restoran, makanan, kosmetik, pertunjukan musik tradisional dan modern.
4.      Paket wisata khusus turis asing (land tour).

Ini perjalanan pertama saya sendirian. Hal penting yang harus saya lakukan adalah menyisakan minimal 100.000 won sampai hari terakhir. Waktu itu saya berhasil menyimpan sejumlah won termasuk 100 USD. Ketika boarding pass menuju Cengkareng di tangan, akhirnya saya memuaskan nafsu belanja oleh-oleh di Lotte Duty Free Shop, Incheon. Sepele sih, tapi penting!

Kamu bisa unduh rencana perjalanan & anggaran saya di sini, gratis. Selamat menikmati.


Jakarta, 18 Agustus 2013.
Ada lanjutan Korea #3. Silakan datang kembali jika berkenan.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © TITA
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com